Rabu, 21 Juni 2023

My Chapter of Life in The US (Serba-serbi kehidupanku sebagai mahasiswa di The Ohio State University)

 Hallo sobat blogger semuanya😀

Setelah kurang lebih dua tahun absent menulis di blog ini, semalam gak tahu kenapa pengen aja kembali membagikan informasi & cerita dengan para sobat blogger semuanya. Memangnya kemana aja sich dua tahun ini? Short story, dua tahun belakangan ini, aku disibukkan dengan berbagai tugas perkuliahan sebagai seorang mahasiswa program Master di salah satu perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat. Namun sayang banget gak sempat buat tulisan apapun selama melanjutkan studi di sana. Nah...berhubung saat ini aku udah balik lagi ke tanah air, dan udah punya waktu luang yang cukup banyak, aku mau coba membagikan kembali serba-serbi kehidupanku sebagai anak rantau di negeri Paman Sam😄Sekalipun udah agak lama pengalamannya, semoga apa yang aku bagikan ini bisa bermanfaat bagi sobat blogger, para pembaca sekalian.

My First Day in Columbus, USA.

11 Agustus 2021 adalah hari pertama aku menginjakkan kaki di kota Columbus, Amerika Serikat. Kota yang menjadi rumah bagiku selama kurang lebih dua tahun terakhir. Columbus sendiri merupakan ibukota dari state Ohio, dan disinilah terdapat The Ohio State University, universitas terbesar ketiga di Amerika, yang adalah tempatku menjalani hari-hari sebagai seorang mahasiswa internasional di Amerika. 

Sesampainya di John Glenn Columbus International Airport (CMH), aku dijemput oleh salah satu volunteer dari organisasi bernama international friendships (IFI). Organisasi ini membantu para mahasiswa baru, khususnya yang baru pertama kali datang ke Columbus, dengan menyediakan jasa penjemputan di bandara, sekaligus penginapan sementara bagi mahasiswa yang belum memiliki tempat tinggal. Aku sendiri dijemput oleh Greg (salah satu volunteer) dan menginap di rumahnya semalam, sebelum pada akhirnya diantarkan ke apartemenku keesokan harinya. Sesampainya di apartemenku, ternyata udah ada Mbak Tia & Mbak Yuseva (dua teman mahasiswa Indonesia yang sudah lebih dulu tinggal di Columbus) yang datang membawakan makanan & satu set alat makan buat aku (baik bangetkan...😀). Alhamdulillah banget karena aku sendiri saat itu memang belum makan seharian karena gak mau ngerepotin host familynya (Greg), alhasil nahan laper seharian😅

Sorenya aku dikunjungin John & Xia, dua teman lain dari IFI yang datang membawakan mattress dan boxnya. Aku juga diantar sama John ke pertokoan (Lennox centre) untuk membeli bantal dan spreinya, beserta simcard untuk HPku. Malamnya, aku ketemuan sama Mbak Mutia di kantor leasing apartemen kita (university village), dan dibawakan beberapa bahan makanan dasar seperti beras, roti, dan susu.

Sebagai orang baru di Columbus, awalnya akupun sempat khawatir gimana caranya survive melewati hari-hari awal di Columbus. Namun, Alhamdulillah segala kekhawatiran itupun segera sirna karena ternyata banyak sekali teman-teman maupun resources yang selalu siap sedia membantu kita buat survive di Columbus😂Untuk yang resources ini akan aku jelaskan lebih lanjut dalam series tulisan selanjutnya ya.

Kembali tentang penjemputan di bandara tadi, buat kalian semua yang mungkin nantinya berkesempatan buat melanjutkan studi juga ke The Ohio State University, ada beberapa alternative pilihan transportasi yang bisa digunakan biasanya:

  1. Meminta bantuan penjemputan pada teman/komunitas/organisasi; jika memang udah punya teman/kenalan dekat yang udah tinggal sebelumnya di Columbus, kalian bisa meminta bantuan mereka in case khawatir akan keamanan ataupun takut nyasar nantinya. Beberapa teman saya menggunakan opsi ini waktu awal kedatangan mereka ke Columbus. Selain meminta bantuan individu, kalian juga bisa mengontak terlebih dahulu dan meminta bantuan komunitas/organisasi seperti Permias Columbus, IFI, ataupun Graduate Muslim Club at The OSU (GMC) yang biasanya juga menyediakan bantuan transportasi bagi mahasiswa international yang baru tiba di Columbus.
  2. Menggunakan shuttle bus yang disediakan pihak kampus; OSU sendiri biasanya menyediakan transportasi gratis dari bandara CMH ke kampus (tepatnya Ohio Union) bagi mahasiswa yang baru pertama tiba di Columbus. Jadi  pastikan kalian mengecek update ketersediaan layanan ini di website kampus.
  3. Menggunakan transportasi umum berbayar seperti COTA bus dengan biaya hanya $2 per line, atau layanan transportasi online seperti Uber dan Lyft dengan kisaran biaya $30 - $40.
        

Itu dia beberapa pilihan transportasi yang bisa kalian pertimbangakan saat baru akan  pertama kali menginjakkan kaki sebagai mahasiswa di Columbus. Semoga bermanfaat!

    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berburu Harta Karun Ala Anak Rantau di Amerika (Summer Hunting Seasons)

Liburan semester merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa pada umumnya, termasuk aku sebagai mahasiswa rantau di Amer...